Solusi dari "Apa Nama Latin Ayam Kate?"

Apakah teman-teman sudah tahu, kalau melihat cara menjawab pekerjaan rumah dengan memakai mesin pencarian di internet adalah cara cepat yang perlu sobat coba?.

Menurut riset bahwa pembelajaran dengan strategi mendapatkan kunci jawabannya bisa meningkatkan nilai pada mata pelajaran matematika.

By the way, kami sudah memiliki 1 ulasan mengenai Apa nama latin ayam kate?. Silakan pelajari cara menyelesaikannya selanjutnya di bawah:

Apa Nama Latin Ayam Kate?

Jawaban: #1:

Nama latin ayam kate adalah Gallus gallus. Ayam kate merupakan varietas dari ayam. Semua ayam memiliki nama ilmiah sama, yang membedakannya adalah variasi sifat setiap individu. Keanekaragaman gen pada ayam meliputi ayam kate, ayam broiler, ayam kampung dan ayam cemani.

Pembahasan

Berikut ini klasifikasi pada ayam:

  • Kingdom =  Animalia
  • Filum = Chordata
  • Kelas = Aves
  • Ordo = Galliformes
  • Famili = Phasianidae
  • Genus = Gallus
  • Spesies = Gallus gallus

Pelajari lebih lanjut tentang contoh klasifikasi makhluk hidup di: https://brainly.co.id/tugas/989220.

Klasifikasi makhluk hidup adalah bentuk kegiatan yang dilakukan untuk mengelompokkan makhluk hidup. Pengelompokan tersebut berdasarkan pada persamaan maupun perbedaan yang ditemukan pada makhluk hidup. Klasifikasi juga dilakukan berdasarkan ukuran, manfaat, dan juga habitat makhluk hidup. Ilmu yang mempelajari klasifikasi makhluk hidup adalah taksonomi. Urutan taksonomi oada makhluk hidup terdiri dari:

  • Kingdom
  • Filum (untuk hewan), Divisio (untuk tumbuhan)
  • Kelas
  • Ordo
  • Familia
  • Genus
  • Spesies

Pelajari lebih lanjut tentang kunci determinasi di: https://brainly.co.id/tugas/23900841.

Sistem pemberian nama makhluk hidup yang digunakan Linnaeus disebut dengan Sistem Binomial Nomenklatur dan bahasa yang digunakan adalah bahasa Latin. Dengan demikian, untuk suatu macam makhluk hidup hanya dapat menggunakan satu nama bagi seluruh dunia ilmu pengetahuan.

Penamaan kelompok makhluk hidup atau takson dari yang tertinggi sampai terendah adalah sebagai berikut:

1. Kingdom (Kerajaan) atau Regnum (Dunia)

Kingdom adalah tingkatan takson tetinggi dengan jumlah anggota takson terbesar. Organisme di bumi dikelompokkan menjadi beberapa kingdom, antara lain kingdom Animalia (hewan), kingdom Plantae (tumbuhan), kingdom Fungi (jamur), kingdom Monera (organisme uniseluler bersifat prokariotik), dan kingdom Protista (eukariotik yang memiliki jaringan sederhana).

2. Phylum (Filum) atau Divisio (Divisi)

Filum digunakan oleh takson hewan, sedangkan pada divisi digunakan oleh takson tumbuhan. Nama divisi pada tumbuhan menggunakan akhiran -phyta. Contoh, kingdom Plantae dibagi menjadi tiga divisi yaitu Bryophyta (tumbuhan lumut), Ptheridophyta (tumbuhan paku) dan Spermatophyta (tumbuhan berbiji).

3. Kelas

Nama kelas pada tumbuhan menggunakan akhiran yang berbeda-beda, yaitu: -edoneae (untuk tumbuhan berbiji tertutup),-opsida (untuk lumut), -phyceae (untuk alga), dan lain-lainnya. Contohnya antara lain divisi Angiospermae dibagi menjadi dua kelas, yaitu kelas Monocotyledoneae dan kelas Dicotyledoneae.

4. Ordo ( Bangsa)  

Anggota takson pada setiap kelas dikelompokkan menjadi beberapa ordo berdasarkan persamaan ciri-ciri yang lebih khusus. Nama ordo pada takson tumbuhan biasanya menggunakan akhiran -ales. Sebagai contohnya adalah kelas Monocotyledoneae dibagi menjadi beberapa ordo, yaitu Pandanales, Cyperales, Orchidales, Poales, dan Zingiberales.

5. Familia (Famili/Suku)

Anggota tokson pada setiap ordonya dikelompokkan lagi menjadi beberapa famili berdasarkan persamaan ciri-ciri tertentu. Nama famili pada tumbuhan biasanya menggunakan akhiran -aceace, misalnya famili Solanaceace, Cucurbitaceace, Malvaceace, Rosaceae, Asteraceae, dan Poaceae. Namun, ada pula yang tidak menggunakan akhiran kata- aceae, contohnya adalah Compasitae (nama lain Asteraceae) dan Graminae (nama lain dari Poaceace).

6. Genus (Marga)

Anggota takson setiap familia dikelompokkan lagi menjadi beberapa genus berdasarkan atas persamaan ciri-ciri tertentu yang lebih khusus. Tata cara dalam penulisan nama genus, yaitu huruf besar pada kata pertama dan dicetak miring atau digaris bawahi. Sebagai contoh adalah familia Poaceae yang terdiri atas genus Zea (jagung), Saccharum (tebu), Triticum (gandum), dan Oryza (padi-padian).

Pada pemberian nama pada tingkat spesies dengan aturan-aturan sebagai berikut:

1. Menggunakan bahasa latin/Itali atau dilatinkan.

2. Nama spesies terdiri dari dua kata, dimana kata pertama menunjukkan tingkatan

marga (genus) yang diawali dengan huruf besar. Adapun kata kedua menunjukkan tingkatan jenis (spesies) yang diawali dengan huruf kecil.

Contohnya adalah Gnetum gnemon

3. Jika ditulis dengan huruf tegak, maka kedua kata tersebut harus di garis bawahi, tetapi jika tidak di garis bawahi, kedua kata tersebut harus dicetak miring atau dicetak tebal. Contohnya adalah Gnetum gnemon, Gnetum gnemon atau Gnetum gnemon.

Pelajari lebih lanjut tentang kekerabatan makhluk hidup di: https://brainly.co.id/tugas/17693195.

Detil jawaban

Kelas: 10

Mapel: Biologi

Bab: Klasifikasi Makhluk Hidup

Kode: 10.4.3

Kata kunci: klasifikasi makhluk hidup, tujuan klasifikasi, sistem klasifikasi, tingkat takson, nama ilmiah ayam

Her Calves Muscle Legs: Kate Walsh CALVES update - part 2

walsh kate calves legs muscle update (sumber gambar: www.her-calves-muscle-legs.com)

Bila sobat mempunyai soal lainnya, silahkan cari juga cara mengerjakannya di halaman ini.

Jangan lupa bookmark dan infokan ke teman-teman lainnya ya ...

Posting Komentar