Solusi dari "Modal Apa Yang Harus Dimiliki Untuk Masuk Jurusan Tv Dan Per Film Man"

Lagi mencari jawaban tentang modal apa yang harus dimiliki untuk masuk jurusan tv dan per film man? Kalau benar, teman-teman sudah ada di situs yang benar.

Oh ya, kami telah memiliki 1 ulasan atas modal apa yang harus dimiliki untuk masuk jurusan tv dan per film man. Silakan baca cara menjawabnya selanjutnya di bawah ini:

Modal Apa Yang Harus Dimiliki Untuk Masuk Jurusan Tv Dan Per Film Man

Jawaban: #1:

Jurusan televisi dan perfilman adalah jurusan kuliah favorit saat ini. Perkembangan industri televisi dan film yang membutuhkan tenaga ahli dalam bidang tersebut adalah alasan utamanya. Kegiatan dalam pembuatan karya televisi dan film yang menjadi tantangan sekaligus daya tarik bagi kaum muda kreatif juga hal lain yang menyebabkan jurusan ini sangat diminati. Namun ternyata tidak mudah untuk bisa masuk dalam perkuliahan jurusan ini, diperlukan kemampuan dasar dan peralatan tertentu sebagai modal utamanya. Berikut ini penjelasan mengenai modal yang harus dimiliki untuk masuk dalam jurusan tv dan perfilman.  

Pembahasan

Jurusan televisi dan perfilman tidak bisa menerima calon mahasiswa yang sama sekali tidak memiliki kemampuan mendasar di bidang filmografi. Kemampuan ini antara lain adalah pengetahuan mendasar mengenai teknik fotografi, keterampilan dalam pengoperasian kamera dan program pengolahan gambar, pengetahuan mendasar tentang tata cahaya dan tata suara serta memiliki pengetahuan dalam penulisan naskah produksi film secara sederhana. Kemampuan ini adalah modal utama yang harus dimiliki untuk bisa masuk dalam jurusan tv dan perfilman. Hal ini dapat pula ditunjukkan dengan portofolio yang dimiliki oleh calon mahasiswa. Berikut ini umumnya kriteria portofolio yang diharapkan oleh universitas supaya calon mahasiswa bisa masuk jurusan tv dan film:

  • Film pendek dengan durasi  2 sampai 5 menit (termasuk judul film dan kredit penutup).
  • Skenario tertulis.
  • Film tersebut harus merupakan sebuah karya visual yang utuh, memiliki pesan kuat yang menunjukkan bahwa calon mahasiswa mampu dalam mengekspresikan sebuah karya cerita atau konsep melalui materi audio visual.
  • Jenis karya film yang diterima adalah drama, dokumenter, eksperimental.
  • Jenis karya yang tidak diterima yaitu showreel, video musik, laporan perjalanan dan storyboard.  

Portofolio yang diserahkan tersebut harus berhasil menunjukkan:

  1. Penyelidikan dan Penelitian Visual: menunjukkan seberapa jauh keterlibatan penyelidikan visual yang dilakukan calon mahasiswa tersebut dan seberapa baik calon mahasiswa mengkomunikasikan hal ini.
  2. Pengembangan Ide dan Materi: penjelajahan teknis yang menunjukkan kemampuan calon mahasiswa dalam mengembangkan ide dan tingkat keterampilannya dalam penggunaan materi visual dan teknik yang digunakan.
  3. Seleksi dan Resolusi Keputusan Kritis: memperlihatkan seberapa baik calon mahasiswa dalam menakar ide yang paling sesuai dengan potensi dan kemampuannya untuk membawa mereka mendapatkan penyelesaian yang diinginkan.
  4. Keterjagaan Kontekstual: menunjukkan sejauh mana pengetahuan calon mahasiswa tentang subjek karyanya dan bagaimana karya tersebut terkait dengan fenomena sosio-kultural yang lain.

Selain modal kemampuan dasar dan portofolio dalam bentuk karya audio visual, modal lain yang seharusnya dimiliki oleh calon mahasiswa adalah alat perekam video, baik kamera khusus video maupun kamera foto DSLR atau mirrorless yang memiliki kemampuan dalam merekam video.

Kesimpulan

Dari pembahasan di atas dapat disimpulkan bahwa modal yang harus dimiliki untuk dapat masuk jurusan tv dan perfilman adalah kemampuan mendasar di bidang filmografi, portofolio dalam bentuk karya audio visual dan juga alat perekam berupa kamera digital yang dapat merekam video.

Pelajari Lebih Lanjut

Mudah-mudahan hal ini cukup menjawab. Apabila ingin mempelajari lebih lanjut, kakak sarankan untuk mempelajari juga hal berikut ini:

1. Materi tentang Istilah-istilah dalam perfilman, yang ada di link https://brainly.co.id/tugas/702123. Kemudian juga

2. Materi tentang unsur-unsur pokok dalam perfilman, yang ada di link https://brainly.co.id/tugas/7394368

3. Materi tentang kelebihan informasi yang disampaikan melalui televisi dibandingkan dengan radio, yang ada di link https://brainly.co.id/tugas/11245495

Detil jawaban  

Kelas: 9 (SMP)  

Mapel: Seni Budaya

Bab: 16 - Pementasan Teater Modern

Kode: 9.19.16

Kata kunci: jurusan televisi, jurusan film, modal masuk jurusan televisi, masuk jurusan perfilman


Foto Ellen Pompeo Photoshoot - Foto 17 dari 30

pompeo greys howling coloré meredith nues chainimage ellenpompeo fuckyeah (sumber gambar: www.wowkeren.com)

Gimana? Sudah ketemu jawabannya kan? Semoga informasi di atas bisa membantu penyelesaian peer anda.

Jangan lupa bookmark dan share ke teman-teman lainnya ya ...

Posting Komentar